Setelah
melakukan observasi di TK Aisyiyah, ternyata anak-anak di sana cukup aktif pada
kegiatan di dalam kelas. Berikut pemaparan kegiatan anak-anak TK tersebut dari
pukul 08.30 sampai dengan 09.30.
Penataan kelas cukup menarik.
Di dalam kelas terdapat 1 rak sepatu, 1 rak buku, 1 tempat tidur, 1 meja guru,
1 papan tulis, 3 buah meja dimana 1 meja terdiri dari 6 anak, 2 buah kipas
angin, dan di dinding kelas ditempeli nama-nama benda dan buah yang bertuhuan
untuk mempermudah anak mengingat huruf. Kelasnya cukup bersih dan nyaman.
Awal kegiatan dibuka dengan senam pagi yang
diikuti oleh seluruh anak dari dalam kelas dan didampingi oleh 2 orang guru
sebagi instruktur senam. Mereka melakukan 3 macam senam dengan diiringi music
anak-anak. 80% dari anak-anak tersebut cukup aktif dan dapat menirukan gerakan
guru mereka di depan, sedangkan 20% lagi terlihat hanya diam dan kebingungan.
Bahkan ada 1 diantara mereka menangis tanpa diketahui apa penyebab dia
menangis.
Setelah senam, anak-anak pun
memasuki kelas dengan berbaris rapi. Sebelum memasuki kelas, mereka membuka
sepatu mereka dan meletakkannya di rak sepatu yang telah disediakan oleh pihak
sekolah. Salah satu drai guru mereka, memperbolehkan mereka untuk mengambil
minuman yang telah mereka baawa dari rumah masing-masing dengan tertib. Ya, tas
dan tempat minuman mereka diletakkan terpisah dari tempat duduk mereka,
sehingga anak-anak dapat duduk dengan luas tanpa kendala tas mereka sendiri.
Kelas pun dimulai dengan
betemakan “alam semesta”. Jadi, anak diajak untuk mengenal bintang, bulan,
matahari dan bumi. Guru menanya kepada murid dengan memaparkan beberapa ciri
dari benda tersebut seperti “bulat, panas, dan muncul di siang hari” murid pun
dengan aktif menjawab “matahari”. Setelah itu, murid diajak berhitung dengan
melihat gambar yang diberikan oleh guru. Contohnya “ada berapa bulan yang ada
di alam gambar?”. Pada setiap pertanyaan yang dijawab oleh murid, guru selalu
merespon dengan kalimat,”ya, benar sekali” atau “wah, tepat. Kamu pintar”. Itu
merupakan kalimat yang dapat membuat seorang anak senang dan terus termotivasi
untuk selalu aktif dalam menjawab setiap pertanyaan gurunya. Kegiatan
berikutnya adalah menempel kertas pada gambar yang telah disediakan oleh guru.
Jadi, anak-anak diinstruksikan untuk menempel potongan-potongan kertas pada
gambar bintang. Setiap satu meja, disediakan dua kertas berwarna yang akan
disobek-sobek oleh anak dan satu lem kertas yang diawasi oleh guru. Anak-anak
sangat aktif dan terlihat senang. Ada yang merobek kertas dengan ukuran besar
dan ada pula dengan ukuran kecil. Kegiatan berakhir sekitar 15 menit dan
dilanjutkan dengan bernyanyi. Kelas pun menjadi ramai dengan suara nyanyian dan
tepuk tangan anak-anak. Saat pembagian cemilan, anak-anak sangat antusias
melihat coklat yang kami bawa. Mereka menuruti kata guru mereka untuk duduk
dengan tertib agar cemilan dapat segera dibagi. Setelah selesai membagi
cemilan, mereka dengan kompakknya mengucapkan “terimakasih” dan tidak lupa
menyalami kami satu per satu.Bel istirahatpun berbunyi. Saat istirahat mereka
dengan tetap terlihat ceria bermain dengan teman-temannya, berlari, memainkan
ayunan atau bahkan hanya duduk menikmati makanan mereka.
Cukup menyenangkan karena ternyata anak-anak di TK Aisyiyah cukup aktif dan
interaktif.
Awal kegiatan dibuka dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh anak dari dalam kelas dan didampingi oleh 2 orang guru sebagi instruktur senam. Mereka melakukan 3 macam senam dengan diiringi music anak-anak. 80% dari anak-anak tersebut cukup aktif dan dapat menirukan gerakan guru mereka di depan, sedangkan 20% lagi terlihat hanya diam dan kebingungan. Bahkan ada 1 diantara mereka menangis tanpa diketahui apa penyebab dia menangis.
Setelah senam, anak-anak pun memasuki kelas dengan berbaris rapi. Sebelum memasuki kelas, mereka membuka sepatu mereka dan meletakkannya di rak sepatu yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Salah satu drai guru mereka, memperbolehkan mereka untuk mengambil minuman yang telah mereka baawa dari rumah masing-masing dengan tertib. Ya, tas dan tempat minuman mereka diletakkan terpisah dari tempat duduk mereka, sehingga anak-anak dapat duduk dengan luas tanpa kendala tas mereka sendiri.
Kelas pun dimulai dengan betemakan “alam semesta”. Jadi, anak diajak untuk mengenal bintang, bulan, matahari dan bumi. Guru menanya kepada murid dengan memaparkan beberapa ciri dari benda tersebut seperti “bulat, panas, dan muncul di siang hari” murid pun dengan aktif menjawab “matahari”. Setelah itu, murid diajak berhitung dengan melihat gambar yang diberikan oleh guru. Contohnya “ada berapa bulan yang ada di alam gambar?”. Pada setiap pertanyaan yang dijawab oleh murid, guru selalu merespon dengan kalimat,”ya, benar sekali” atau “wah, tepat. Kamu pintar”. Itu merupakan kalimat yang dapat membuat seorang anak senang dan terus termotivasi untuk selalu aktif dalam menjawab setiap pertanyaan gurunya. Kegiatan berikutnya adalah menempel kertas pada gambar yang telah disediakan oleh guru. Jadi, anak-anak diinstruksikan untuk menempel potongan-potongan kertas pada gambar bintang. Setiap satu meja, disediakan dua kertas berwarna yang akan disobek-sobek oleh anak dan satu lem kertas yang diawasi oleh guru. Anak-anak sangat aktif dan terlihat senang. Ada yang merobek kertas dengan ukuran besar dan ada pula dengan ukuran kecil. Kegiatan berakhir sekitar 15 menit dan dilanjutkan dengan bernyanyi. Kelas pun menjadi ramai dengan suara nyanyian dan tepuk tangan anak-anak. Saat pembagian cemilan, anak-anak sangat antusias melihat coklat yang kami bawa. Mereka menuruti kata guru mereka untuk duduk dengan tertib agar cemilan dapat segera dibagi. Setelah selesai membagi cemilan, mereka dengan kompakknya mengucapkan “terimakasih” dan tidak lupa menyalami kami satu per satu.Bel istirahatpun berbunyi. Saat istirahat mereka dengan tetap terlihat ceria bermain dengan teman-temannya, berlari, memainkan ayunan atau bahkan hanya duduk menikmati makanan mereka.
Cukup menyenangkan karena ternyata anak-anak di TK Aisyiyah cukup aktif dan interaktif.
0 komentar:
Posting Komentar